Tips dan Cara Membuat Makalah Yang Baik dan Benar untuk SMA dan Mahasiswa

Cara membuat makalah – Sedikit menyebalkan memang ketika kita mendapatkan tugas dari sekolah untuk membuat makalah dari hasil belajar selama satu semester. Ya namanya juga anak sekolah mau gimana lagi mau atau tidak ya tetep harus dikerjakan.

Membuat makalah memang mudah, bagi yang bisa lalu bagaimana yang tidak bisa membuat makalah?ya sudah barang tentu belajar. Berikut adalah artikel tentang cara membuat makalah untuk SMA atau Mahasiswa.

Pengertian Makalah.

Sebelum membuatnya kita musti tau dulu apa itu makalah dan apa maksud dan tujuannya. Jadi sebenarnya Makalah adalah salah satu jenis karya ilmiah yang disusun secara sistematis, ilmiah dan dibuat dengan tujuan untuk disampaikan kepada banyak orang seperti sidang, seminar atau presentasi. Makalah biasanya digunakan untuk pemenuhan salah satu kecakapan dalam suatu tugas sekolah atau kampus.
Secara pokok makalah tersusun atas pendahuluan, isi dan kesimpulan. Yang nantinya dapat ditambahkan jika diperlukan seperti Daftar ini, daftar pustaka, landasan teori dll.

Kerangka Makalah

Pada dasarnya, makalah yang dibuat hanya terdiri dari pendahuluan, isi dan kesimpulan saja. Namun untuk tingkatan mahasiswa atau penelitian sebenanrnya kita dituntut untuk membuat makalah dengan kerangka yang lengkap, dan Kerangka Makalah terdiri dari :

  • Sampul (Cover)
  • Kata Pengantar
  • Daftar Isi
  • BAB I Pendahuluan
  • BAB II Pembahasan
  • BAB III Kesimpulan
  • Daftar Pustaka

Cara Membuat Makalah Mahasiswa

Untuk tingkatan Mahasiswa, pembuatan makalah selalu disusun sangat detail dan terperinci, sebab makalah yang dibuat mahasiswa nantinya akan digunakan untuk bahan presentasi didepan banyak orang sehingga dituntut lengkap, meskipun pada saat presentasi makalah tidak diserahakan secara lengkap melainkan hanya sebuah file presentasi berformat ppt.

Detail Kerangka Makalah Lengkap

Kerangka lengkap makalah untuk presentasi biasanya meliputi:

Cover atau Sampul

Biasanya bagian cover dibuat 2 jenis, cover paling depan menggunakan kertas cover (jenis BC), cover ke-2 tepat setelah cover pertama, menggunakan kertas hvs 80gsm seperti yang lain. untuk beberapa hal warna cover akan ditentukan.

Kata Pengantar

Merupakan lembar untuk mengucapkan rasa syukur, terima kasih sekaligus sambutan penulis makalah sebab makalah akan menjadi referensi orang lain. Pada lembar kata pengantar juga diberikan sedikit ulasan tentang pentingnya ‘masalah’ yang dibahas pada makalah untuk diulas atau dikaji.

Daftar Isi

Mungkin sudah cukup jelas tentang apa itu Daftar Isi, Daftar isi merupakan lembar yang berisi judul, nomor, dari halaman-halaman dalam makalah. bertujuan untuk membantu pembaca agar lebih mudah menemukan apa yang ingin dibaca terlebih dahulu.

BAB I Pendahuluan

Pendahuluan merupakan bagian permulaan, kenapa suatu makalah dibuat, batasan pembahasan serta maksud dan tujuan dari makalah dibuat.
Maka dari itu BAB I sering dibagi menjadi :

  • Latar Belakang
    Penjabaran dari alasan, sumber, fakta dan solusi dari suatu permasalahan yang menjadi penting masalah tersebut untuk dibahas.
  • Cangkupan Penelitian
    Batasan atau Cankupan penelitian adalah fokus dari topik yang sedang dibahas sehingga tidak melebar membahas yang lain.
  • Tujuan dan Manfaat
    tujuan dan manfaat apa yang akan diperoleh setelah makalah ini dibuat. tujuan dan manfaat ini diberikan kepada pengiat akademis dan non akademis.

BAB II Pembahasan

Bagian pembahasan adalah bagian yang membahas tentang permasalah inti, seperti ulasan materi, penyelesaian atau solusi yang disandingkan dengan definisi-definisi atau landasan teori yang mendukung laporan tugas. bagian ini penting karena bagian ini menyatakan makalahmu ilmiah atau tidak. penelitian dikatakan ilmiah karena menggunakan teori dan fakta-fakta yang ada dan tervalidasi.

BAB III Kesimpulan

Bagian kesimpulan merupakan bagian ringkas dengan menarik inti dari seluruh penelitian agar dapat disampaikan dengan mudah. dibagain kesimpulan biasanya juga terdapat kritik dan saran kepada peneliti selanjutnya, objek yang sedang dibahas atau instansi/badan terkait.

Daftar Pustaka

Bagian yang berisi sumber literatur yang digunakan dalam makalah seperti buku, jurnal, website, ataupun blog.

Cara Membuat Makalah Sederhana

Untuk taraf SMA biasanya pembuatan makalah tidak harus seperti Makalah Untuk Mahasiswa yang begitu detail, ada bagian-bagian. Biasanya hanya terdiri :
– Cover
– ‎Pendahuluan
– ‎Pembahasan
– ‎Daftar Pustaka.

Dan untuk Pendahuluan, biasanya hanya terdiri dari :
– Rumusan Masalah.

Demikian tips dan cara membuat makalah untuk SMA dan Mahasiswa. semoga bermanfaat

Leave a Comment