4 Cemilan atau Jajanan Sehat untuk Ibu Hamil

Jajanan sehat untuk ibu hamil – Camilan sehat? Siapa yang tidak membutuhkannya? Apalagi para ibu hamil yang membutuhkan banyak nutrisi alami untuk pertumbuhan janinnya.

Dengan berbagai gejala yang membuat nafsu makan menjadi berkurang, maka tidak heran kalau asupan tambahan yang sehat dan enak diperlukan untuk menjaga terpenuhinya kebutuhan nutrisi buah hati.

Buah hati yang tidak mendapat nutrisi seperti yang seharusnya akan mengalami berbagai masalah baik selama kehamilan maupun setelah lahir.

Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil yang Bernutrisi Tinggi

Masalah yang mungkin muncul adalah janin yang tidak tumbuh dengan baik, komplikasi, hingga kecacatan pada bayi. Anda tentunya tidak ingin hal tersebut terjadi, maka memenuhi asupan nutrisi akan sangat penting.

Camilan adalah cara paling mudah untuk menambah asupan makanan selama kehamilan. Untuk ibu hamil yang gejala mual dan muntahnya termasuk berat, makanan berat akan sulit untuk masuk.

Padahal nutrisi utama sang ibu berasal dari makanan berat ini.

Karena menjadi cara yang paling mudah dan enak, berikut adalah daftar cemilan sehat untuk ibu hamil yang diperlukan selama masa kehamilan yang bernutrisi tinggi. Langsung simak saja di bawah ini ya.

1. Cokelat dan Buah

Siapa yang tidak suka cokelat? Hmmm, membayangkannya saja sudah membuat air liur menetes. Kandungannya tinggi akan mineral, karbohidrat, dan zat penenang yang membuat orang rileks.

Jadi tidak heran kalau makanan ini menjadi salah satu camilan yang sehat bagi ibu hamil yang hormonnya sedang naik turun. Terkadang inginnya menangis, terkadang inginnya marah-marah.

Konsumsi cokelat ini akan lebih sehat jika cokelat yang digunakan lebih pahit alias mengarah pada jenis dark chocolate. Lelehkan saja cokelat, kemudian cocolkan buah kesukaan Anda, atau buah yang sedang ingin Anda makan.

Hmmm, manis pahit cokelat dan asam manis buah yang berpadu dijamin tidak akan membuat Anda ingat dengan symptom ibu hamil yang sedang Anda lalui.

2. Gandum

Roti gandum, biscuit gandum, sebut saja makanan yang mengandung gandum utuh semuanya memiliki nutrisi yang baik untuk ibu hamil.

Makanlah roti gandum atau biscuit gandum dengan selai sehat buatan sendiri sebagai selingan cemilan sehat untuk ibu hamil. Atau beri topping cokelat dan keju sesuai selera.

Tekstur gandum asli beserta aromanya, lalu tambahan topping sehat ini akan membuat Anda ingin memakannya setiap hari.

Baca Juga : 5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

3. Kripik Ubi

Ubi selain menjadi makanan pokok alternatif memiliki banyak vitamin A dan kandungan lainnya. kandungan ini sangat baik untuk memberi energi bagi ibu hamil yang masih beraktivitas.

Jangan lupa tambahkan gula atau garam secukupnya saja sebagai perasa, atau rasa original saja juga sudah cukup enak.

4. Kacang-kacangan

Cemilan untuk ibu Hamil yang Bernutrisi

sumber : http://www.klikdokter.com

Kacang-kacangan mengandung protein nabati, vitamin, mineral, dan asam amino yang yang penting untuk pertumbuhan janin. Misalnya seperti kacang almond, kacang mete dan kacang merah.

Kacang-kacang tersebut direbus saja sudah cukup enak sebagai cemilan sehat untuk ibu hamil, atau kalau ingin digoreng juga bisa. Namun, ingatlah untuk mengurangi minyak hasil samping penggorengan, ya.

Melapisi bagian bawah dengan tisu akan menjadikannya lebih sehat karena minyaknya sebagian besar akan terserap ke tisu.

Ternyata untuk memenuhi nutrisi ibu hamil tidaklah susah. Memang gejala mual dan muntah akan menyulitkan, namun dengan asupan teratur, maka Anda akan bisa memenuhi kebutuhan tersebut tanpa kesulitan.

Cemilan sehat untuk ibu hamil yang sudah disebutkan di atas bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang mengalami gejala mual dan muntah yang berat.

Namun, jangan lupa untuk tetap makan makanan berat, tidak hanya untuk janin, tapi juga untuk sang ibu.

Leave a Reply