flowchart, pengertian flowchart, contoh flowchart

Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contoh Flowchart

Pengertian Flowchart ProgramFlowchart adalah suatu alat untuk membantu kita untuk memahami bagaimana suatu program bekerja dari awal hingga akhir. Flowchart atau biasa disebut sebagai diagaram alir sering digunakan dalam merancang suatu program baik itu program komputer, program kegiatan ataupun SOP dalam suatu perusahaan, dengan flowchart kita akan tahu step-by-step yang harus dilalui dalam suatu aktivitas program.

Dalam kehidupan sehari-hari kita bisa menggambarkan aktivitas kita kedalam flowchart secara sederhana, misalnya kita berangkat kerja:

Mulai -> Bangun -> Mandi -> Sarapan -> Berangkat -> Sampai Kantor -> Selesai

Diatas adalah langkah yang harus kita lalui saat berangkat bekerja. Apakah flowchart program akan sesederhana itu ?

Bergantung, bisa jadi iya bisa jadi tidak karena akan ada beberapa aktivitas tambahan yang berkaitan dengan logika, misalkan jika tidak sarapan, maka lapar, jika kantor libur atau jika ada macet dan lain-lain. Tentu akan sangat susah dimengerti apabila hanya sekedar ditulis oleh karenannya para pakar telah merumuskan simbol-simbol untuk mempermudah kita dalam membuat flowchart.

Baca Juga

Simbol-simbol Flowchart

Secara umum flowchart terbagi atas beberapa kelompok simbol menurut fungsinya

Simbol Arus

Symbol arus adalah symbol-simbol yang menggambarkan atau menerangkan arah kemana proses berikutnya akan berjalan.

Flow Directions : berfungsi untuk menghubungkan satu simbol dengan simbol lain sebagi tanda kemana arah langkah berikutnya.

Connector : menyatakan proses sambungan dengan proses lain dalam satu halaman.

Offline Connector : menyatakan proses sambungan dengan proses lain pada halaman lain.

Simbol Proses

Seperti namanya, symbol-simbol dikategori ini seluruhnya menggambarkan proses, misalkan saja kita bayar belajaan ke kasir disitu kita menunggu kasir menghitung uang yang kita berikan dan akan memberikan kembalian kepada kita.

Prosessing : Menunjukan adanya suatu proses yang sedang dilakukan.

Predefine Prosess: persiapan sebelum melakukan proses

Terminate : Simbol untuk menandai mulai dan berakhirnya suatu proses.

Manual Input : Simbol yang melambangkan kegiatan manual tanpa otomatis program.

Decision : Memilih suatu proses berdasarkan suatu kondisi tertentu.

Manual Operation : menunjukan sebuah tindakan yang tidak dilakukan seacara otomatis.

Simbol I/O (input atau Output)

Symbol-simbol dalam kategori seluruhnya menggambarkan proses input / output, jika kita kembali membayangkan saat kita didepan kasih input disini adalah kita membayar kepada kasir dan outputnya adalah kita menerima uang kembalian dan membawa pulang belanjaan kita.

Disk Storage :  Lambang untuk menyimpan data kedalam suatu penyimpanan.

Input/Output : menyatakan input atau outpu tanpa memperhatikan jenis input/outputnya.

Dokument : input/output yang berasal dari sebuah dokumen.

Fungsi Flowchart

Kita sudah mempelajari simbol-simbol dalam flowchart diagram tentu tidak semua simbol akan kita gunakan ada beberapa yang mungkin tidak kita perlukan dan ada beberapa yang akan sering kita gunakan dalam membuat flowchart. Misalkan saja simbol flow direction atau anak panah, processing, terminal, input dan output.

Nah sebenarnya Flowchart itu bisa digunakan dimana saja sih ?

Setidaknya ada beberapa keuntungan yang bisa kita sebut sebagai fungsi flowchart atau diagram alir, diantaranya sebagai berikut :

  1. Untuk perancangan proyek baru

Fungsi yang pertama adalah untuk proyek, Dalam penyusunan proyek baru kita akan dihadapkan pada suatu tahapan bagimana proyek tersebut dapat mencapai hasil maksimal yang mana akan dipecah atau breakdown kedalam setiap langkah-langkah melalui flowchart sehingga kita dapat melihat seberapa efektif langkah-langkah yang diambil.

  1. Mengelola alur kerja

Ini adalah tujuan utama dari flowchat. Dengan adanya flowchart kita dapat mengetahui apakah langkah yang kita buat sudah benar-benar efektif atau belum. Jika belum maka perlu kita revisi hingga benar-benar efektif.

  1. Memahami model bisnis

Fungsi flowchart ketiga, dengan adanya flowchart siapapun yang memahami flowchart dapat dipastikan bisa memahami “ini proyek apa sih?” tanpa harus dijelaskan panjang lebar. Artinya ketika kita ingin melibatkan orang lain kita cukup memperlihatkan flowchart ini kepada dia dan dapat dipastikan 70-80% dia akan mengerti kita sedang ngapain.

  1. Blue print suatu program

Jika suatu ketika terjadi permasalah misalkan program atau proyek tidak berjalan semestinya kita dapat melakukan checking pada flowchart dan mencari tahu dimana sumber masalah dan bagaimana cara mengatasinya.

Baca Juga

Contoh Flowchart

Flowchart Bisnis

flowchart, pengertian flowchart, contoh flowchart

by docs.microsoft.com

Flowchart Program

flowchart, pengertian flowchart, contoh flowchart

by www.iaccessworld.com

Leave a Reply