Pengertian Sarana dan Prasarana Kantor, Sekolah, Transportasi, Olahraga lengkap dengan Contohnya

Pengertian Sarana dan Prasarana – Menurut Penerjemahaan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI),  Sarana dan prasarana terbagi atas dua kata, yang pertama sarana adalah segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud atau tujuan. Sedangkan kata yang kedua prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses (usaha, pembangunan, proyek). Atau lebih mudahnya Sarana adalah benda-benda bergerak dan Prasarana adalah benda benda yang tidak bergerak.

Pengertian Sarana dan Prasarana Menurut Para Ahli

Selain dari KBBI Pengertian sarana dan prasarana secara umum ternyata juga melibatkan pemikiran para ahli, pemikiran-pemikiran tersebut ditujukan untuk menempatkan suatu permasalahan agar tepat pada tempatnya, sehingga antara satu ahli dengan ahli yang lain memiliki perbedaan.

-Hamalik (1980:23)

Sarana dan prasarana adalah semua bentuk perantara yang dipakai orang untuk menyebar ide, sehingga ide tersebut bias sampai pada penerima.

– Moenir (1992 : 119)

sarana dan prasarana adalah segala jenis peralatan, perlengkapan kerja dan fasilitas yang berfungsi sebagai alat utama/pembantu dalam pelaksanaan pekerjaan, dan juga dalam rangka kepentingan yang sedang berhubungan dengan organisasi kerja.

Moenir juga membagi sarana dan prasarana menjadi 3 yakni:

  1. Peralatan kerja, yaitu semua jenis benda yang berfungsi langsung sebagai alat produksi untuk menghasilkan barang atau berfungsi memproses suatu barang yang berlainan fungsi dan gunanya.
  2. Perlengkapan kerja, yaitu semua jenis benda yang berfungsi sebagai alat pembantu tidak langsung dalam produksi, mempercepat proses, membangkit dan menambah kenyamanan dalam pekerjaan.
  3. Perlengkapan bantu atau fasilitas, yaitu semua jenis benda yang berfungsi membantu kelancaran gerak dalam pekerjaan, misalnya mesin ketik, mesin pendingin ruangan, mesin absensi, dan mesin pembangkit tenaga.

Pengertian Sarana dan Prasarana Pendidikan

Depdiknas (2008:37) dalam Barnawi dkk, (2012:47-48)

telah membedakan antara sarana pendidikan dan prasarana pendidikan. Sarana pendidikan adalah semua perangkat peralatan, bahan, dan perabot yang secara langsung digunakan dalam proses pendidikan di sekolah.

Prasarana pendidikan adalah semua perangkat kelengkapan dasar yang secara tidak langsung menunjang pelaksanaan proses pendidikan di sekolah.

Menurut Kasan (2000: 91)

sarana pendidikan adalah alat langsung untuk mencapai tujuan pendidikan, misalnya: ruang, buku, perpustakaan, laboratorium, dan sebagainya.

baca juga : Kumpulan Contoh Surat Pernyataan

Contoh Sarana dan Prasarana Sekolah

Dalam pengertian sarana dan prasaran pendidikan di atas, maka sarana prasarana sekolah dapat dicontoh sebagai berikut :

Sarana Sekolah, adalah alat/kelengkapan yang secara langsung digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan

  • Tenaga Pengajar
  • Fisik (bergantung jurusan, misal tata bahasa, maka saran fisik adalah lab. bahasa)
  • Administrasi
  • Waktu

Prasarana Sekolah, adalah alat/kelengkapan yang tidak langsung :

  • Lapangan upacara
  • Lapangan olah raga
  • Halaman parkir kendaraan guru dan siswa
  • Halaman tempat beristirahat

Baca Juga : Cara Membuat Makalah Untuk SMA

Pengertian Sarana dan Prasarana Transportasi

Diambil dari pengertian Sarana dan Prasarana secara umum, yang mana sarana adalah benda-benda bergerak, dan prasarana benda tidak bergerak maka

Sarana adalah kendaraan umum yang digunakan oleh masyarakat umum dan digunakan secara masal. seperti bus, angkot, taksi, ojek, kereta, pesawat terbang

Prasarana adalah benda tidak bergerak yang juga menunjang masyarakat untuk menggunakan transportasi umum. seperti halte, bandara, stasion dan terminal.

Pengertian Sarana dan Prasarana Kantor

Sebagaimana telah diartikan di atas saran adalah segala alat yang dibutuhkan untuk menunjang dalam tercapainya tujuan. sedangkan prasarana adalah segala alat yang dibutuhkan untuk menunjang secara tidak langsung dalam mencapai tujuan.

Contoh Sarana dan Prasarana Kantor

Sarana Kantor meliputi :

  • Ruangan
  • Buku-buku
  • Komputer
  • Kendaraan
  • Alat Komunikasi
  • dkk

Prasaran Kantor meliputi :

  • Lokasi
  • Kantor
  • Gedung
  • dkk

Pengertian Sarana dan Prasarana Olahraga

–  Nanik Darsini,S.Pd. (1999)

Dalam Bukunya “Pengelolaan Sarana Prasarana Rekreasi” mengungkapkan Sarana dan prasarana olahraga adalah segala sesuatu yang dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud dan tujuan olahraga yaitu memberikan rasa senang dan puas dan membawa manusia pada rasa penemuan dirinya

-UU RI No.3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional dalam pasal 1 ayat 20 dan 21

Menurut UU tersebut dikatakan bahwa Prasarana Olahraga adalah Tempat atau ruang yakni termasuk lingkungan yang digunakan untuk kegiatan Olahraga dan penyelenggaraan olahraga dan Sarana Olahraga merupakan Peralatan atau perlengkapan yang digunakan untuk kegiatan Olahraga.

-Ali (1996:796, 880)

Menurut Ali dalam bukunya, Prasarana Olahraga adalah Segala sesuatu yang merupakan penunjang utama dalam terselenggaranya suatu proses . Sedangkan Sarana Olahraga adalah Segala sesuatu yang dapat dipakai sebagaialat dalam mencapai maksud / tujuan (Ali, 1996:880).

-Soepartono (2006:699)

Sarana dan prasarana Olahraga adalah suatu kegiatan yang dimanfaatkan dalam melaksanakan pendidikan jasmani yang meliputi lapangan dan bangunan Olahraga beserta perlengkapan untuk melaksanakan proses belajar mengajar pendidikan jasmani.

sumber : 

  • https://delite20.wordpress.com/2009/11/05/pengertian-sarana-prasarana/
  • http://www.asikbelajar.com/2015/04/pengertian-prasarana-dan-sarana.html
  • http://m-barsal.blogspot.co.id/2016/03/pengertian-sarana-transportasi-fungsi.html
  • http://sdnkarangtengah01.blogspot.co.id/2013/02/ikasi-sarana-dan-prasarana-administrasi.html

 

 

Leave a Reply